Pekan Solidaritas Anak Teknik Unissula 2015

Informasi Seputar Semarang - PEKAN SATU 2015 (Pekan Solidaritas Teknik Unissula 2015) merupakan sebuah program kerja tahunan BEM Fakultas Teknik Unissula. Acara ini merupakan acara puncak dari rentetan program kerja yang telah dilaksanakan oleh BEM-FT Unissula. Program kerja yang telah terlaksana yaitu, Fakultair dan Pengabdian Masyarakat, Dekan Cup, dan Desa Binaan.

Fakultair adalah sebuah acara untuk mahasiswa baru sebagai perkenalan tentang Fakultas Teknik Unissula, dan kemudian dilanjutkan dengan Pengabdian Masyarakat selama 3 hari di Desa Ndawe, Kab. Kudus. Acara tersebut bertujuan untuk membangun rasa kepedulian terhadap masyarakat sesuai dengan salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi, membangun mental mahasiswa baru, dan membangun rasa solidaritas antar mahasiswa baru sebagai landasan mereka guna menjalani aktifitas perkuliahan dan semoga berdampak positif untuk masa depan mereka.

Program kerja selanjutnya yang telah terlaksana yaitu Dekan Cup, acara ini merupakan ajang kompetisi antar mahasiswa teknik pada bidang olah raga. Olahraga yang diperlombakan meliputi Futsal, Volly, Tenis Meja, dan Tarik Tambang. Lomba tersebut diikuti oleh berbagai jurusan yang ada di Fakultas Tenik baik mahasiswa ataupun mahasiswi yang masih aktif mengikuti perkuliahan dan juga oleh dosen maupun karyawan Fakultas Teknik. Tujuan diadakannya Dekan Cup untuk lebih mengakrabkan antar mahasiswa/mahasiswi Fakultas Teknik serta dosen dan karyawan. Dan ajang penyaluran bakat khususnya dalam bidang olahraga, kegiatan tersebut sangatlah positif daripada masa muda mereka dihabiskan untuk hal-hal yang negatif dengan terjerat narkoba, seks bebas, atau hal negatif lainnya.

BEM Fakultas Teknik Unissula periode 2014/2015 juga memiliki program kerja baru yaitu Desa Binaan. Program kerja tersebut bersifat continue selama satu tahun periode BEM-FT Unissula 2014/2015 dan seterusnya. Kegiatan ini bertujuan sebagai pengamalan nyata terhadap Tri Dharma Perguruan Tinggi yang ke tiga yaitu Pengabdian pada Masyarakat. Desa Binaan BEM-FT Unissula yaitu Desa Sriwulan, Kec. Sayung, Kab. Demak. Kegiatan yang telah kita laksanakan meliputi; kerja bakti, mengajar siswa sekolah dasar pada desa tersebut tiap dua kali dalam satu minggu selama satu tahun penuh, dan penanaman mangrove pada lingkungan desa. Dan agenda selanjutnya adalah jalan sehat dan donor darah yang insyaAllah akan dilaksanakan pada Bulan Maret. Besar harapan kami agar hadirnya kami ditengah lingkungan Desa Sriwulan dapat berdampak baik untuk desa tersebut sebagai wujud kerja nyata kami sebaga mahasiswa guna membangun kesejahteraan bangsa di masa depan.

Dan puncak dari rentetan program kerja BEM-FT Unissula periode 2014/2015 adalah PEKAN SATU 2015. Acara ini akan berlangsung selama 6 hari pada tanggal 23-28 Februari 2015 bertempat di Lingkungan Fakultas Teknik Unissula dan Stadion Diponergoro. Acara Pekan Satu 2015 meliputi beberapa aspek kegiatan yaitu Lomba-lomba tingkat SMA/sederajat, Kuliah Umum, Pengajian Akbar, Civil Expo, dan Pentas Seni.

Pada tanggal 23-25 Februari 2015 akan dilaksanakan Lomba Futsal antar SMA/sederajat tingkat provinsi Jawa Tengah yang bertempat di Lapangan Futsal Unissula, kegiatan bertujuan untuk menyalurkan bakat dan ajang kompetisi secara sportif. Kemudian tanggal 26 Februari 2015 dilanjutkan dengan Lomba Karya Tulis Ilmiah, Lomba Sketch, dan Lomba Fotografi tingkat SMA/sederajat, guna meningkatkan kecerdasan dan kreatifitas kalangan remaja demi masa depan bangsa. Bertepatan pada tanggal tersebut juga akan dilangsungkan Kuliah Umum tentang keteknikan yang akan dilangsungkan di Ruang Seminar Fakultas Teknik Unissula, untuk meningkatkan kualitas mahasiswa sebagai penopang masa depan martabat bangsa.

Pada Pekan Satu 2015 ini juga akan diadakan acara Pengajian Akbar tanggal 27 Februari 2015 bertempat di Masjid Kampus Unissula Abu Bakar Assegaf, kami akan mengundang ustadz/kiayi kenamaan untuk mengisi acara Pengajian Akbar dengan menyampaikan tausyiah yang positif. Acara ini terbuka untuk umum, sebagai sarana kita meingkatkan keimanan kepada Allah SWT dan menambah pengetahuan kita tentang ilmu-ilmu islam yang semoga bisa kita amalkan dikehidupan kita sehari-hari.

Penutupan acara Pekan Satu 2015 akan diadakan sebuah Pentas Seni tanggal 28 Februari 2015 di Stadion Diponegoro Semarang yang juga diramaikan Civil Expo. Expo ini berisi tentang pameran-pameran tentang ilmu Teknik Sipil, pameran hasil karya Lomba Sketch Gambar dan Lomba Fotografi yang telah dilangsungkan sebelumnya, pameran miniatur bangunan, dan berbagai macam edukasi yang bermanfaat bagi pengunjung Civil Expo. Dalam rangkaian acara pentas seni ini akan dimeriahkan dengan band kolektif yang telah terlebih dahulu diseleksi oleh panitia; band-band indie dari Semarang; pertunjukan kesenian berupa dance, beatbox, Lomba Grafiti tingkat SMA/sederajat, dan kesenian lan; Bazar; pertunjukan seni dari mahasiswa Fakultas Teknik Unissula; dan kemudian ditutup oleh guest star yang sudah cukup terkenal di Indonesia yaitu Endank Soekamti. Acara ini sebagai wujud apresisasi kami terhadap musisi dan pelaku seni agar industri kreatif Indonesia dapat berkembang dan diakui di mata dunia. Bukan hanya sebgai ajang foya-foya atau kesenangan belaka, tetapi dapat menjadi sebuah industri kreatif yang dapat memajukan Bangsa Indonesia.
Share on Google Plus

About semarang rentcar

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar