Wisata Sejuk di Watu Gunung


Ingin refreshing, cuci mata, menyegarkan pikiran dan hati di Semarang? Jangan ke mal yaa. Jika kalian sedang berlibur di Semarang, wisata di Watu Gunung, Ungaran Kabupaten Semarang bisa menjadi pilihan tepat. Ungaran, ibukota Kabupaten Semarang, terletak 30 km dari kota Semarang. Udaranya masih sejuk karena letaknya di sekitar Gunung Ungaran.

Letaknya di Jl. Srikandi Raya no,1 Desa Lerep Ungaran Kab. Semarang. Ancer-ancernya dari Alun-Alun Lama Ungaran. Ada jalan yang menanjak ke arah perbukitan. Makin lama makin mendaki, menuju puncak hehe.

Watu Gunung termasuk tempat wisata yang dikenal orang di Lerep, selain Kampung Seni Lerep. Sayangnya, kini kampung seni yang menjadi tempat mangkal para seniman, terutama seniman lukis di Kabupaten Semarang kini tutup.

Letak Watu Gunung tak jauh kok dari Kampung Seni Lerep. Jika kalian tersesat, coba tanya penduduk. Mereka pasti senang hati menunjukkan lokasinya pada pengunjung. Ya, wilayah Desa Lerep memang sesuai sekali dengan lagu anak-anak zaman baheula, naik-naik ke puncak gunung.

Tapi, perjuangan itu seketika terbayar ketika sampai di lokasi. Ya, pemandangannya indah! Terutama pemandangan danau buatan yang cantik. Di sekeliling danau, dibangun rumah-rumah dari kayu. Ada yang berbentuk rumah panggung, ada yang berbentuk anjungan.

Tersedia alat pancing dan umpan untuk pengunjung yang ingin memancing. Syahdu suasananya terasa ketika kita duduk-duduk di gazebo yang tersedia. Pemandangan gunung Ungaran di kejauhan menambah kecantikan alam Watu Gunung.

Setiap rumah kayu, gazebo dan pendopo diberi nama dalam kata bahasa Jawa seperti wono sekar, walang kekek, kemuning dan lainnya. Unik ya? Menandakan pemilik Watu Gunung punya kecintaan mendalam pada tradisi.

Di bagian lain Watu Gunung, Ada sebuah rumah joglo yang luas, di dalamnya ditaruh seperangkat gamelan. Wah, apakah disini sering diadakan latihan gamelan dan kesenian tradisional lainnya? Saya lupa menanyakan pada pengelola. Tapi, perangkat itu mengundang anak-anakku untuk mencoba memainkannya.

Setiap pengunjung ditarik tiket masuk Rp.5000. Selain danau buatan., ada pula kolam-kolam ikan dengan gemericik air menambah kesyahduan pemandangan Watu Gunung. Ada air terjun mini dan jembatan kecil. Banyak spot bagus untuk berfoto.

Watu Gunung adalah sebuah obyek wisata alam yang sering dijadikan lokasi pemotretan iklan dan pembuatan video klip. Bahkan menjadi lokasi favorit para calon pengantin untuk melakukan sesi foto pre wedding!

Saat kami kesana pun, sedang ada pemotretan pre wedding, dengan latar belakang rumah joglo dan hamparan alam Kota Ungaran dilihat dari atas bukit! Pemandangannya wow.

Jika kita masuk ke area ini, hanya diperbolehkan menggunakan kamera saku atau ponsel, sedangkan kamera DSLR terhitung kamera untuk profesional hingga ada biaya khusus.

Di bagian tebing, kita bisa duduk-duduk di gazebo atau kursi taman, menikmati pemandangan kota Ungaran dari ketinggian bukit. Sejauh mata memandang adalah alam nan hijau. Betapa bebas polusi udaranya padahal kita berada tak jauh dari Kota Ungaran yang padat.

Saat ini, sudah tersedia kolam renang untuk memanjakan pengunjung Watu Gunung.
Jika kalian lapar, bisa memesan makanan dan minuman di resepsionis. Tersedia nasi goreng dan beberapa menu lainnya.

Kelak, Watu Gunung akan menjadi sebuah resort dimana pengunjung bisa menginap dengan suasana nyaman dan tenang, jauh dari hiruk-pikuknya kota. Ya, Watu Gunung merupakan tempat yang cocok untuk relaksasi tubuh, pikiran dan tubuh yang lelah.

A beautiful escape untuk yang ingin berlibur tapi tak mau lokasi yang jauh dari kota. Pilihan tepat jika kamu sedang berlibur ke Semarang.

sumber : http://hellosemarang.com/
Share on Google Plus

About semarang rentcar

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar