Tahu Pong Gajah Mada Semarang, Gurihnya Memanjakan Lidah

Selain Tahu Gimbal ada satu lagi makanan khas Semarang berbahan tahu yang tak boleh dilewatkan, yakni Tahu Pong. Disebut demikian karena tahu ini bagian tengahnya akan terlihat kopong atau kosong ketika digoreng. Ada juga yang berpendapat bahwa kata “pong” berasal dari bahasa Mandarin “phong” yang berarti menggelembung. Tahu Pong bila digoreng memang akan tampak mengembang lebih besar.

Di Semarang, ada satu tempat di Jl. Gajah Mada yang cukup terkenal dengan menu Tahu Pong-nya. Konon tempat makan ini sudah eksis sejak puluhan tahun yang lalu. Pelanggannya bukan hanya orang Semarang. Pelancong dari luar kota, termasuk beberapa selebritas dari ibukota, pun kerap menjadikan Tahu Pong Gajah Mada sebagai tujuan kuliner wajib ketika bertandang ke Semarang. Disini disediakan beberapa pilihan menu seperti Tahu Pong Biasa, Tahu Pong Gimbal, dan Tahu Pong Telur.

Pembeli dipastikan selalu mendapatkan sajian hangat fresh from the pan, karena tahu baru digoreng setelah ada pesanan. Tahu digoreng hingga garing dan mengembang maksimal (ngepong). Bagi pecinta Tahu Pong, aroma wangi tahu yang baru diangkat dari penggorengan selalu berhasil membangkitkan selera makan. Kulit tahu yang renyah dan gurih, namun lembut di dalam, akan makin membuat mulut sulit berhenti mengunyah. Seolah-olah lidah terasa pahit kalau berhenti menyantapnya.

Tahu Pong disajikan dengan acar lobak / mentimun dan bumbu cocol yang terbuat dari kecap, petis, cabai, dan bawang putih.. Bumbu petis yang mempunyai citarasa manis dan segar (dari acar) bisa menjadi penyeimbang rasa asin dari tahu. Sambal cabai hijau juga bisa ditambahkan untuk memberi rasa pedas. Tahu Pong bisa dinikmati sebagai camilan ataupun disantap dengan nasi putih hangat.

Bila ingin lebih puas, pembeli bisa memesan Tahu Pong spesial dengan tambahan gimbal dan telur rebus yang digoreng. Yang dimaksud gimbal adalah bakwan udang. Udang digoreng dengan tepung lalu dipotong-potong dan dihidangkan bersama Tahu Pong. Kombinasi maut yang akan membuat lidah makin bergoyang.

Buka: kira- kira pukul 10.00 – 20.00 WIB

Lokasi: Jl. Gadjah Mada No. 63 B. Berada di seberang Gereja Bethel


Share on Google Plus

About semarang rentcar

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar