9 Tips Hemat BBM Mobil


Bahan bakar minyak merupakan sebuah energi yang menjadi kebutuhan pokok bagi kita semua terutama para pengguna kendaraan baik itu mobil, motor dan lain-lain.

Tips ini kelihatan sangat remeh dan jarang sekali menjadi perhatian, namun bila kita mau menyikapi dan melakukan secara terus-menerus tentu akan sangat banyak dampak dari pemakaian BBM mobil anda. Apapun jenis mesin mobil anda baik yang menggunakan premium/bensin, solar, pertamax maupun bio diesel, tips ini bisa dilakukan untuk semua tipe-tipe mobil.

Alat transportasi baik itu mobil dan motor memerlukan BBM untuk menjadikan alat transportasi ini terus berjalan setiap hari. Namun, ketimpangan terjadi karena arus dan jalanya alat kendaraan yang memudahkan manusia ini tidak bisa diimbangi dengan tersedianya Bahan Bakar Minyak karena pada saatnya nanti bila penggunaan bahan bakar minyak terus digenjot, maka kekurangan atau kelangkaan bahan bakar minyak tidak akan bisa dihindari lagi.

Untuk itu, perlu adanya sikap dan beberapa tindakan yang mencegah/memperlambat bahan bakar minyak tersebut agar tidak cepat habis dan menjadikan bahan bakar minyak pada kendaraan kita irit dan tidak mudah habis. Berikut ini adalah 9 cara menghemat bahan bakar minyak pada mobil, yaitu :
  1. Jagalah kebersihan mobil, Interior yang bersih tentu saja bisa menurunkan benda-benda atau sampah yang selama ini menambah beban kendaraan. Makin ringan kendaraan, makin enteng mesin bekerja, makin hemat BBM.
  2. Periksa ban mobil, Ban yang kurang angin dapat memboroskan BBM hingga 3 persen selain memperbesar risiko meletus.
  3. Gunakan AC seperlunya, Pemakaian pengatur suhu udara tentu saja memerlukan tambahan konsumsi BBM, jadi bijaksanalah menggunakannya. Kaca kendaraan lebih baik dalam selalu keadaan tertutup karena kaca terbuka akan menyebabkan extra drag.
  4. Matikan mesin saat macet dan lampu merah, Selain menghemat BBM, langkah ini juga mengurangi polusi udara yang kita hirup.
  5. Fokus ke jalan, Jika kita selalu bisa mengantisipasi keadaan di depan jalan, kita bisa mengurangi rem mendadak atau tancap gas yang membuang energi serta BBM.
  6. Rencanakan rute, Ketahui pasti rute yang akan kita lalui termasuk menghindari kemacetan atau proyek fisik yang menggunakan jalan.
  7. Perhatikan pindah gigi, Saat pindah gigi atau perseneling ketika RPM mencapai 2.500 (mesin bensin) dan 2.000 (mesin diesel) untuk menghindari penggunaan tak perlu dari BBM.
  8. Berpikirlah soal aerodinamik, Roof rack yang lebih sering cuma jadi pemanis untuk sebuah kendaraan, namun demi menghemat bahan bakar, sebaiknya diturunkan sehingga mengurangi hambatan udara saat kendaraan melaju.
  9. Hanya untuk jarak jauh, Mesin kendaraan ternyata paling boros BBM dan paling mencemari udara ketika dalam tahap pemanasan. Jadi, kenapa harus menggunakannya untuk jarak dekat.


Dengan memanfaatkan 9 cara menghemat Bahan Bakar Minyak tersebut semoga bisa menajadikan kita semua perduli dengan sumber daya alam, menghemat energi menghemat bbm dan menghemat kantong.




[superpolishpremium.com]
Share on Google Plus

About semarang rentcar

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar