Menikmati Syahdunya Malam Di Hotel Candi View Semarang


Hotel Candi View terletak di kawasan Jalan Rinjani no 12 Semarang. Di sekitar area tersebut ada banyak hotel yang beroperasi, dan Candi View ini termasuk yang cukup terkenal. Denger-denger hotel ini sempat direnovasi dan melakukan re-branding. Pertama kali nyampe sih suasananya tenang. Pelayanan resepsionisnya juga enggak bertele-tele dan cepat sekali. Hanya prosedur biasa seperti ketika check in di hotel.

Saya mendapatkan kamar bertipe superior. Ini adalah tipe kamar paling murah dari Hotel candi View. 2 tipe kamar lainnya adalah Deluxe dan Junior Suit. Candi View bukan hotel gede yang kamarnya ratusan. Total kamar yang tersedia adalah 41 kamar dengan rincian 23 kamar Superior, 16 kamar Deluxe, dan 2 Junior Suite. Untuk kamar Superior kita nggak akan dapat kamar dengan balkon. Sementara untuk yang Deluxe tersedia dalam 2 pilihan yaitu dengan atau tanpa balkon. Tentu saja harganya juga berbeda dong ya. Dan untuk Junior Suite keduanya dilengkapi dengan balkon.

Ketika pertama kali saya diberitahu tentang tipe kamar Superior yang nggak hanya tanpa balkon tapi juga tanpa jendela, saya udah ngebayangin bakalan bosen banget! Bayangin aja kalo tinggal di kamar hotel yang nggak ada jendelanya. Walaupun kadang juga enggak fungsi-fungsi banget, tapi seenggak-enggaknya jendela bisa jadi spot yang enak buat kepo suasana di luar kamar. Tapi ternyata saya salah! Meskipun tanpa jendela, kamar Superiornya nyaman banget lho!

Berhubung saya sendiri udah bangkotan jadi anak kos, kamar ini jadi nggak berasa seperti kamar hotel, tapi kamar kos sendiri! Hahaha. Desainnya sederhana dan seperti studio kerja yang dilengkapi dengan sebuah kasur berukuran double bed dan meja kerja. Yang paling saya suka adalah, meskipun kamar paliing murah, tapi ukurannya hampir sama dengan kamar kelas menengah dari hotel yang pernah saya datangi. So spacious! Samping kanan dan kiri, serta bagian depan TV cukup lapang bahkan untuk sholat!

WHAT I LOVE

Yang bikin saya jatuh cinta dengan kamar Superior Hotel Candi View ini adalah penerangannya yang sengaja diset dengan lampu warm light sehingga tampak remang-remang. Ada 1 lampu cool white tapi sepertinya saya nggak nemu di mana letak saklarnya. Lagipula saya sama sekali enggak keberatan dengan pencahayaan seperti ini. Justru suasana seperti ini yang bikin kamar jadi terasa lebih tenang dan saya bisa melakukan pekerjaan bikin video ala-ala dan bikin postingan buat blog.

Selain soal pencahayaan, saya sangat suka dengan meja kerja yang tersedia di salah satu sudut kamar. Meja kerja yang nyaman dengan sebuah lampu meja yang juga berkesan hangat. Saya sampai bercita-cita kelak pengen punya sudut di kamar pribadi saya dengan meja seperti itu. Malah sempat kepikiran untuk resign dari kerjaan yang sekarang dan beralih jadi full time blogger. Hahaha! Halunya kebangetan ya? Tapi emang beneran saya jatuh cinta sama meja kerjanya. Sejauh ini, meja inilah yang terbaik dari sekian meja dalam kamar hotel yang pernah saya datangi.

Oh ya, di kamar Superior yang saya tempati tidak tersedia lemari baju. Hanya lemari rias yang terintegrasi dengan sebuah palang untuk gantungan baju. Ada 4 hanger di sana. Selebihnya sih standar ya, seperti welcome drink lengkap dengan 2 cangkir dan pemanas air. Untuk TV, tersedia TV layar datar dengan beberapa saluran TV provided by MNC. Hanya beberapa saluran yang menyediakan film seperti HBO, HBO Hits dan HBO Family. Yang lain adalah saluran FOX Sport, Channel Music, dan beberapa saluran TV Nasional. Meskipun kurang begitu banyak, tapi lumayan lah untuk nemenin leyeh-leyeh seharian di kamar.

Kamar mandinya tidak dilengkapi bathtub dan hanya tersedia shower dengan air panas dan dingin. Untuk peralatan mandinya juga standar, ada 2 sikat gigi, 2 sabun batang, I botol kecil syampu, dan 1 shower cap. Oh iya, soal handuknya, mungkin bikin kamu agak mikir apakah warnanya emang butek atau karena saking tuanya tuh handuk, warnanya jadi enggak putih terang seperti handuk hotel pada umumnya. Walaupun baunya wangi, tapi mungkin kamu perlu jaga-jaga untuk bawa handuk sendiri in case kamu kurang sreg dengan tampilan handuk hotelnya.

ACCORDING TO ME…

Hotel Candi View memang bukan jenis hotel yang bisa kamu tuju kalau sedang butuh escape from your busy and hectic days. Karena hotel ini bukan resort yang penuh dengan pemandangan indah. Tapi setidaknya pemandangan kota Semarang bawah menjadi salah satu jualan dari Candi View. Kalau kamu memilih kamar dengan balcony, kamu bisa menikmati temaram malam dan lampu-lampu rumah yang ada di wilayah bawah kota Semarang. Kalaupun kamu nggak cukup beruntung untuk dapat kamar yang berbalkon, kamu bisa kok nongkrong di Rinjani View.

Rinjani View adalah nama restoran & lounge yang ada di Hotel Candi View. Letaknya di lantai 1. Di sana kamu bisa menikmati suguhan live music sambil duduk-duduk dan menikmati malam. Desainnya sih klasik. Kalau masih inget dengan sinetron-sinetron ala Genta Buana, biasanya ada tuh set yang dikasih nama “KAFE”. Nah, gitu tuh kurang lebih suasananya. Hahaha. Klasik banget lah pokoknya.

Bagaimanapun biasanya sebuah pemandangan malam dari ketinggian yang paling cuma begitu-begitu saja, tapi tetap saja menarik. Masih banyak orang yang mencari pemandangan seperti ini dan menganggapnya sebagai sesuatu yang luar biasa. Dan Hotel candi View punya pemandangan seperti ini lho?

Ketika pagi harinya saya sarapan, saya menemukan variasi makanan yang tidak terlalu banyak. Bahkan mungkin terhitung sedikit untuk sebuah hotel dengan tarif menengah. Bisa jadi karena tamu yang menginap tidak terlalu banyak, atau tamu hanya menginap tanpa fasilitas sarapan gratis. Pagi itu saya menemukan nasi putih dan nasi goreng, tahu goreng, ikan goreng tepung, oseng jagung muda, dan bihun goreng dengan acar dan kerupuk. Lalu di salah satu sudut ada bubur kacang ijo dan 2 dispenser berisi jus jambu dan air putih. Sementara di satu meja ada salad bar dan meja lainnya tersedia buah-buahan. Untuk yang suka roti, ada meja berisi roti tawar dengan selai, tapi tidak tersedia pemanggang. Jadi bisa dibilang sarapannya sangat sepi variasi. Sejauh ini baru NJ Hotel dan New Metro masih yang terbaik untuk urusan sarapan.

Kalau kamu punya rencana untuk ngadain meeting kantor, Candi View memiliki beberapa ruang pertemuan berkapasitas kurang lebih 30 orang. Sementara untuk fasilitas lainnya seperti ballroom, Candi View bisa menjadi tempat penyelenggaraan acara seperti gathering atau pesta dengan tamu sampai dengan 400 orang.

FACILITIES 

Bicara soal fasilitas, Hotel Candi View memang tidak memiliki banyak fasilitas yang wah. Sebut saja kolam renang dan pusat kebugaran. Candi View tidak memiliki 2 fasilitas itu. Hotel ini juga tidak menyediakan layanan in house spa untuk para tamu yang ingin melepas penat dengan menikmati pijat kecantikan dan kesehatan. Sepertinya bangunan Candi View memang dikonsentrasikan pada space untuk kamar ya. Walopun cuma dikit tapi lebar-lebar kamarnya. Suka deh.

Salah satu yang sering ditanyain ke saya adalah soal fasilitas Wifi-nya. Gimana dengan fasilitas sambungan internet nirkabel di hotel Candi View? Well, sepertinya saya mengalami kesulitan menghubungkan diri dengan sambungan internet. Ketika saya melakukan connecting selalu saja ada peringatan kalau saluran ini tidak aman dan kemudian gagal. Saya sampai harus melaporkan hal ini ke resepsionis. Pihak hotel mengirimkan tenaga IT ke kamar saya dan melihat sendiri kenapa saya kesulitan menggunakan WiFi. Pada akhirnya kesimpulannya adalah karena tipe browser yang saya pakai (chrome & mozzila). Si Mas2 IT-nya bilang kalau pake UC browser tidak pernah mengalami masalah. Case closed karena saya memilih untuk tidak mengunduh UC browser dan menggunakan paket data Three pribadi [FYI : sinyal Three di hotel ini cukup bagus].

CONCLUSION IS…

Kesimpulannya adalah saya menyukai Hotel Candi View. Ini adalah hotel yang cocok untuk orang bertipe sentimentil seperti saya yang sangat menyukai ketenangan. Pencahayaan di kamar ini cocok untuk saya, dan berapa kali saya harus bilang kalau saya jatuh cinta dengan meja kerjanya. Saya memang suka sekali. Boleh bawa pulang 1? 

Hotel Candi View mungkin bukan jenis hotel yang cocok untuk transit karena letaknya yang cukup jauh dari tengah kota. Kalau hendak mengejar jadwal pesawat atau kereta, hotel ini cukup jauh dari kedua tempat itu. Menginap di hotel pun tergantung  tujuannya. Kalau bertujuan untuk berlibur bersama keluarga, Hotel Candi View bisa jadi kurang cocok karena minimnya fasilitas. Tapi jika mencari tempat yang cukup tenang hanya untuk sekedar beristirahat dan kabur dari rutinitas, atau mencari tempat tenang untuk bekerja, Hotel Candi View boleh jadi pilihan yang tepat.

Eh, hotel ini sering menjadi pilihan menginap banyak tokoh-tokoh penting Indonesia lho. Bisa dilihat di salah satu pojok kafe Rinjani View yang penuh dengan kesan pesan yang ditulis oleh para tamu penting.

HOTEL CANDI VIEW
JALAN RINJANI 12 SEMARANG TELP 024-8508541/42/43
WEBSITE : WWW.CANDIVIEW.COM




[nunoorange.com]
Share on Google Plus

About semarang rentcar

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar