Ini Bakwan Jembak Khas Senjoyo yang Kenyal Gurih Renyah


Bakwan sayuran biasanya dibuat dari kol, wortel dan tauge. Namun di Pemandian Senjoyo, Tengaran, Kabupaten Semarang ini ada bakwan jembak. Kayak apa rasanya? 

Untuk bakwan jembak ini bahan dasarnya daun jembak, ada juga yang menyebut daun kenci atau sering disebut selada air. Jembak atau kenci ini biasanya tumbuh subur diperairan yang airnya bening. Jembak atau daun kenci inilah yang dijadikan bahan utama membuat bakwan jembak. 

"Saya jualan bakwan jembak sudah 10 tahunan. Kalau dulu jembak beli dari Pasar Salatiga atau Ambarawa," kata Siti Alifah (66), penjual bakwan jembak di Kompleks Pemandian Senjoyo saat ditemui, Selasa (16/1/2018). 

Warga Tegalwaton, Kecamatan Tengaran ini menuturkan, di Kompleks Pemandian Senjoyo yang berjualan bakwan jembak ada tiga orang. Mereka membuka warung di sekitar pemandian tersebut. Kebanyakan orang membeli bakwan jembak ini setelah berenang maupun mandi, kemudian sambil menikmati minuman dan makan bakwan jembak yang masih hangat. 

Adapun soal rasa, selain enak dan gurih juga terasa krenyes serat daun jembaknya. Bahkan pembeli pun bisa melihat secara langsung proses mengorengnya memakai kayu bakar di tungku. 

"Kalau bahannya jembak kan sekarang di sekitar sini sudah ada yang menaman. Jadi ya nggak perlu beli, tinggal dicuci bersih, buat adonan tepung dan dikasih bumbu terus digoreng," tuturnya. 

Salah satu pembeli, Ponco W (31), warga Semarang, mengaku, harga bakwan jembak sangat terjangkau sekali. Gorengan ini satunya masih dijual Rp 500. Seperti gorengan, rasanya renyah garing dengan aksen krenyes serat daun selada atau jembak. 

"Gurih, enak, kemripik dan tiada duanya. Soalnya saya baru nemu di sini ada bakwan jembak. Yang saya tahu, biasanya untuk pecel dan disayur, tapi ternyata dibuat bakwan juga enak juga," ujar Ponco. 

Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdawis) Senjoyo Village, Edi Siswanto menambahkan, untuk bakwan jembak merupakan salah satu makanan khas yang ada di Senjoyo. Gorengan tersebut telah dibuat sejak puluhan tahun yang lalu.

"Itu jadi salah satu makanan khas di Senjoyo. Rasanya enak, gurih dan sedikit kenyal karena ada serat daunnya," tutur Edi.



[detik.com]
Share on Google Plus

About semarang rentcar

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar