Peringatan HUT RI, Kota Semarang Banjir Agenda Menarik


Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) ke-73, akan ada banyak agenda menarik yang digelar di Kota Semarang. Agenda-agenda wisata yang akan digelar, sayang untuk dilewatkan. Bagi pecinta musik bergenre rock, Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang akan menyelenggarakan Festival MberockSemarang dan juga Semarang Indie Festival di Hutan Wisata Tinjomoyo pada 10 Agustus.

Sementara untuk acara hiburan rakyat yang mengangkat budaya tradisional, akan diselenggarakan pementasan wayang kulit Jumat kliwon di TBRS pada 2 Agustus. Sementara untuk pembukaan rangkaian kegiatan HUT RI ke-73 di Kota Semarang secara resmi, akan dilaksanakan pada Minggu (5/8) mendatang di Halaman Balai Kota.

Tidak hanya event bersifat hiburan, sejumlah lomba pun akan diselenggarakan oleh Pemkot Semarang. Seperti kegiatan perlombaan lari Color Run, Sepeda Nusantara, serta Dayung Tradisional pada hari Minggu 5 Agustus 2018. Selain itu juga digelar lomba-lomba lainnya, yakni Pos Kamling bagi 16 Kecamatan pada 15 Juli-15 Agustus 2018, Lomba Ekonomi Kreatif di Kampung Tematik 31 Juli-10 Agustus 2018.

Selain itu, ada pula lomba pemilihan pelaksana terbaik gotong royong masyarakat tingkat Kota Semarang pada minggu kedua bulan Juli dan Agustus, lomba kelas ibu hamil tingkat Kota Semarang 12 Juli - 3 Agustus 2018, lomba tĂȘnis meja antar kepala OPD, dan lomba pertanian perkotaan 2-9 Agustus 2018.

Bagi pelajar, digelar juga lomba karya tulis jurnalistik siswa nasional pada 6-7 Agustus, lomba duta Si Cantik (Siswa Cari Jentik) di masing-masing kecamatan, lomba desain motif batik, lomba seni baca Alquran, lomba kartun, lomba vocal grup pada 8 Agustus 2018, lomba story telling, lomba baca puisi, lomba cipta cerpen, lomba cipta lagu, lomba seni lukis pada 9 Agustus 2018, lomba gambang Semarang pada 29 Agustus 2018, lomba drumband, lomba mata pelajaran agama, serta lomba gerak jalan, dan lomba kuda lumping.

Menjelang hari kemerdekaan, akan diselenggarakan pula malam tirakatan di lobby kantor Wali Kota Semarang disusul Apel kehormatan dan renungan suci di taman makam pahlawan Giri Tunggal pada 16 Agustus 2018. Di bidang pengabdian masyarakat diselenggarakan kegiatan pembebasan denda administratif terhadap keterlambatan pelaporan dokumen kependudukan di Kota Semarang hingga 31 Desember 2018, donor darah di Gedung Balai Kota pada 15 Agustus 2018. Ada pula pengobatan massal usai upacara HUT RI ke-73 pada 17 Agustus 2018, pameran seni dan budaya dan Semarang industri fashion pada 31 Agustus-2 September 2018.

Rangkaian kegiatan peringatan HUT RI kemudian akan ditutup dengan resepsi peringatan HUT ke-73 Kemerdekaan RI Kota Semarang di Halaman Balai Kota Semarang pada 18 Agustus 2018. Dan sebagai awal dari rangkaian kegiatan peringatan HUT RI ke-73 sendiri diselenggarakan pertandingan tenis meja antar OPD di Pemerintah Kota Semarang, Rabu (1/8). "Sejumlah agenda yang kami gelar itu merupakan salah satu wujud penghormatan kita atas perjuangan para pahlawan," kata Wali Kota yang akrab disapa Hendi.

Hendi menyebutkan bahwa perjuangan para pahlawan saat merebut kemerdekaan ini sangat luar biasa. Mereka tidak hanya mengorbankan tenaga, tapi juga pikiran, cucuran darah, bahkan nyawa sebagai taruhannya. "Untuk itu, karena kita hidup di era kemerdekaan hendaknya dapat ikut berjuang diantaranya dengan mengisi pembangunan di Indonesia dan Semarang pada khususnya sesuai bidang masing-masing,” ujarnya.

Menurutnya, dengan mengikuti rangkaian peringatan HUT RI ke-73 ini artinya masyarakat ikut mengenang para leluhur bangsa. “Namun demikian, peringatan ini jangan hanya dilakukan oleh Pemerintah Kota saja tetapi juga oleh seluruh masyarakat. Untuk itu saya berharap semua dapat menyelenggarakan rangkaian peringatan HUT RI ke-73 ini," pungkasnya.



[merdeka.com]
Share on Google Plus

About semarang rentcar

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar