Museum Kereta Api Ambarawa

Museum Kereta Api Ambarawa

RodaSemarang.com Museum Kereta Api Ambarawa (ABR) adalah sebuah stasiun kereta api kelas I yang saat ini dialihfungsikan menjadi sebuah museum serta merupakan museum perkeretaapian pertama di Indonesia. Museum ini memiliki koleksi kereta api yang pernah berjaya pada pemerintahan kolonial. Museum ini secara administratif berada di Desa Panjang, Ambarawa, Semarang. Museum yang terletak pada ketinggian +474,40 meter ini termasuk dalam Daerah Operasi IV Semarang dan dikelola oleh Unit Pusat Pelestarian dan Desain Arsitektur PT Kereta Api Indonesia bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah.

Informasi: Rental Mobil Semarang

Di kawasan Museum Kereta Api Ambarawa kita dapat menemukan banyak koleksi lokomotif uap yang pernah berjaya di zamannya. Beberapa lokomotif yang cukup populer adalah lokomotif bernomor B 2502 dan B 2503 buatan Maschinenfabrik Esslingen, serta B 5112 buatan Hannoversche Maschinenbau AG. Kereta api uap tersebut cukup unik karena termasuk 1 dalam 3 kereta api uap bergerigi yang tersisa di dunia, dua diantarnya berada di Swiss dan India.
Tak hanya itu saja, di Museum Kereta Api Ambarawa masih terdapat berbagai macam jenis lokomotif uap lainnya. Mulai dari seri B, C, D hingga jenis yang paling besar, yaitu CC (CC 5029, Schweizerische Lokomotiv und Maschinenfabrik/Swiss Locomotive and Machine Works) yang terpajang di halaman Museum. Dengan banyaknya koleksi lokomotif tua di Museum Kereta Api Ambarawa, menjadikan tempat wisata Semarang satu ini banyak diminati oleh para pelajar dan wisatawan umum yang ingin mengetahui lebih jauh tentang sejarah kereta api uap. Selain koleksi lokomotif, di Museum Kereta Api Ambarawa kita juga dapat menemukan barang-barang lain yang berhubungan dengan kegiatan di stasiun, seperti mesin pencetak tiket, kalkulator zaman dahulu hingga roda kereta. Wisata museum ini tak kalah menarik, dengan wisata museum yang lainnya, kita bisa datang ke museum ini dengan kawan atau keluarga.



Share on Google Plus

About sewa mobil semarang lmj

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar